Sabtu 27 Dec 2014 20:42 WIB

Polisi Akui Isu Buaya Sungai Martapura Meresahkan

Buaya
Foto: www.animalcorner.co.uk
Buaya

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pihak kepolisian mengakui adanya isu buaya berkeliaran di Sungai Martapura Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hingga meresahkan masyarakat setempat, terutama bagi mereka yang tinggal dekat sungai tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Satpol Air Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo, Sabtu mengaku, adanya isu yang meresahkan masyarakat, baik mereka yang tinggal di dekat Sungai Martapura maupun melakukan aktivitas di sungai itu.

"Memang isu awas buaya atau hewan reptil berbahaya berkeliaran di Sungai Martapura menyebar luas lewat Broadcast (BC) Message BB, sehingga meresahkan warga," katanya.

Menurut dia, isu yang tersebar di BC itu cukup mengganggu ketenangan warga Banjarmasin, khususnya warga yang tinggal di sekitar Sungai Martapura, hingga pihaknya harus turun mencari kebenarannya.

"Kabarnya buaya itu diliat di Sungai Martapura di daerah bawah Jembatan Banua Anyar atau depan Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Banjarmasin," ujarnya.

"Tapi setelah kita lakukan penyelidikan dan pencari kebenarannya, tidak ada warga daerah sana yang mengetahui, apalagi ada warga yang memelihara buaya dan melepas ke Sungai Martapura. Jadi bisa kita simpulkan isu di BC itu tidak benar," paparnya.

Oleh karena itu, pintanya, warga tidak perlu khawatir untuk beraktivitas di Sungai Martapura, sebab selama ini tidak pernah ditemuai di Sungai Martapura adanya buaya. "Sejak dulu Sungai Martapura aman dari buaya," ungkapnya.

Namun, lanjutnya, warga agar waspada saja atas derasnya arus Sungai Martapura kini yang memasuki musim hujan, tidak hanya dalam, tapi juga banyak sampah yang cukup besar terbawa air dari hulu ke hilir. "Ya, waspada saja kalau-kalau terseret air sungai," ucapnya.

Sebab, menurut dia, sudah banyak korban jiwa yang tenggelam di Sungai Martapura karena tercebur dan tak bisa berenang, apalagi arusnya cukup deras. "Tapi kalau korban jiwa meninggal di sungai karena digigit buaya belum ada, dan moga jangan sampai ada, kita juga akan terus waspada," paparnya.

Isi BC yang tersebar berbunyi sebagai berikut "Di beritahukan..untuk warga yang tinggal di pinggir Sungai Martapura harap berhati-hati karena sekarang berkeliaran lima ekor buaya ganas di sungai. Buaya peliharaan dekat museum lepas dari kandang.

Di utamakan anak-anak jangan terlalu sering mandi di sungai. Harap di lanjut BC ini kepada yang lain. Terima kasih."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement