Jumat 26 Dec 2014 14:54 WIB

Ini Data Tahanan Polisi Kabur dan Tewas 2014

Rep: c82/ Red: Joko Sadewo
Napi kabur
Foto: blogspot.com
Napi kabur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) mencatat, sepanjang tahun 2014, sebanyak 62 tahanan kepolisian kabur atau melarikan diri dari sel tahanan, sembilan tahanan tewas bunuh diri dan satu tahanan diperkosa.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, angka tersebut mengalami peningkatan tajam dari tahun 2013 lalu. "Sebagian besar tahanan kabur dengan cara menjebol eternit sel, menggergaji trali besi, menjebol tembok dan kabur lewat pintu gerbang satu kasus," kata Neta dalam keterangannya kepada Republika, Jumat (26/12).

Dalam Catatan Akhir Tahun 2014 IPW terungkap, sebanyak 15 tahanan kabur dari lima Polsek, sepuluh tahanan kabur dari dua Polres, lima tahanan kabur dari sel Polda Kaltim, dan 32 kabur dari pusat rehabilitasi narkoba di Lido, Jawa Barat.

Berikut Data Tahanan Polisi Kabur dan Tewas 2014 versi IPW

23 Desember 2014

Lima tahanan Polda Kaltim kabur, setelah memotong tiang besi sel tahanan. Kelima tahanan itu, Maslani bin Ali, Saidul bin Bursa, Muhammad SNH (ketiganya kasus pembakaran), Bambang Aspian kasus narkoba, dan Bambang Budiono kasus curanmor.

19 Desember 2014

Amri (34) tersangka curanmor kabur dengan cara membobol tembok tahanan Polsek Sukajadi, Pekanbaru, Riau. Amri kabur sekitar pukul 03.00.

18 Desember 2014

Muhammad Anas Ali (21) tersangka curanmor kabur dari tahanan Polsek Tembalang, Semarang, Jateng. Warga Secang, Magelang itu kabur dengan cara menjebol eternit dan sehari kemudian tertangkap lagi di sebuah hotel di Salatiga.

18 November 2014

Tahanan Polsek Sukodono, Muhammad Imron Zaenudin (29) tewas setelah dikeroyok tiga polisi. Akibatnya, warga melakukan demo ke Polsek Sukodono, Sidoardjo, Jatim. Akhirnya, ketiga polisi pengeroyok, yakni SG, DP, dan RT ditetapkan sebagai tersangka

7 November 2014

Empat tahanan narkoba melarikan diri dari sel tahanan Polres Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

15 Oktober 2014

Dua tahanan, Ilham Abdullah (21) dan Samsuri (19) kabur dari sel Polsek Rappocini, Sulselbar. Kedua pelaku curanmor itu kabur setelah menjebol eternit toilet tahanan. Lalu melompat ke halaman Pondok Pesantren Addaraeng, di samping Polsek Rappocini.

18 September 2014

Robby Hadi Putra (22) tahanan Polres Solok, Sumbar tewas pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Polisi mengatakan Robby tewas gantung diri. Keluarga korban kaget mendengar kabar duka ini dan menuntut polisi.

12 September 2014

Enam tahanan kabur dari Polsek Pondok Gede, Polres Bekasi Kota. Mereka terdiri dari satu pelaku curanmor dan lima pengguna dan pengedar narkoba. Mereka kabur setelah menggergaji terali besi ventilasi kamar mandi.

2 September 2014

Sebanyak 32 pasien rehabilitasi tahanan narkoba di Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lido, Bogor, Jabar melarikan diri. Mereka kabur melalui gerbang utama dan dua petugas penjagaan tak mampu mengatasinya.

13 Agustus 2014

Herialdi alias Thomas (34) tahanan kasus narkoba Polda Sulselbar tewas. Polisi mengatakan, tersangka mengalami gangguan sesak napas dan saat dibawa ke poliklinik Polda di Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, tewas seketika.

15 Juni 2014

Kasmir (21) warga Dusun Munawar, Toli Toli, Sulteng tewas setelah dua hari ditangkap dua aparat Polsek Galang. Kasmir dijebloskan ke dalam sel tanpa surat perintah penangkapan dengan tuduhan tabrak lari. Saat tewas, mata, pinggang bagian belakang dan lengan Kasmir biru lebam. Ada goresan panjang di pinggang bagian belakang dan ada bercak darah pada kaos yang dipakai korban.

6 Mei 2014

Enam tahanan kabur dari tahanan, dengan cara menjebol eternit dan atap toilet tahanan Polres Ciamis, Jabar. Mereka kabur saat dua polisi yang berjaga malam tengah tertidur lelap. Keenamnya terlibat kasus ranmor.

2 Mei 2014

Setyo Riyadi, tersangka pembunuhan sopir Taksi Ekspress 22 April 2014 di Klender melakukan aksi bunuh diri di tahanan Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur. Pelaku menggunakan bajunya untuk melilitkan lehernya ke kabel listrik di plafon.

29 April 2014

Pelaku pencurian televisi, Yana Suryana (34) gantung diri di sel tahanan Polsek Singaparna, Tasikmalaya, Jabar. Ia gantung diri menggunakan ikat pinggang yang dipakainya. Sebelumnya Yana mengaku mencuri tv untuk modal dagang gorengan.

26 April 2014

Azwar yang dituduh melakukan kejahatan seksual terhadap murid di Jakarta International School (JIS) bunuh diri di toilet Polda Metro Jaya. Aksi ini dilakukan di sela pemeriksaan di unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA). Diduga Azwar bunuh diri dengan menenggak cairan pembersih lantai.

6 Maret 2014

Eric Christian Soemantri ditemukan tewas gantung diri di kamar mandi sel tahanan Polres Tangerang, Banten. Pengacara keluarganya menemukan berbagai kejanggalan di balik kematian Eric. Antara lain jenazahnya tidak diotopsi. Alasan polisi kepada Isteri korban, biaya otopsi sangat mahal, lalu polisi minta isteri korban membuat pernyataan tidak diotopsi dan tidak akan menuntut polisi.

Padahal di tubuhnya ada tanda-tanda kekerasan, yaitu lebam sejenggal pada bahu, lalu luka lecet pada bibir dan ada lebam dibawah leher belakang.

19 Januari 2014

Seorang tahanan wanita berusia 24 tahun yang sedang ditahan di sel Polsekta Wajo, Sulselbar, diperkosa tahanan lain bernama Nas. Dalam aksi perkosaan ini pelaku dibantu dua rekannya sesama tahanan, Syah dan Bach. Akibat kasus ini lima polisi diperiksa Propam

9 Januari 2014

Lima tahanan Polsekta Samarinda Utara, Kaltim kabur usai mengergaji besi dan menjebol eternit ruang sel tahanan. Tiga dari tahanan itu terlibat kasus pencurian dan dua lainnya kasus penipuan.

nC82

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement