Jumat 26 Dec 2014 11:18 WIB

Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh, 35 Negara Mendapat Penghargaan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Museum Tsunami Aceh
Foto: Wikipedia
Museum Tsunami Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 35 negara mendapatkan penghargaan serta piagam tertinggi dari Aceh. Penghargaan tertinggi rakyat Aceh ini diserahkan atas bantuan kepeduliannya dalam bidang kemanusiaan dan lingkungan hidup oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Paduka yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar kepada tiap dubes masing-masing negara.

Diantara ke-35 negara yang mendapatkan penghargaan yakni, Singapura, Jerman, Bangladesh, Prancis, Portugis, Amerika, Oman, Slovakia, Swedia, Irlandia, Denmark, Jepang, dll. Negara-negara ini merupakan negara donor bagi rekonstruksi dan pembangunan Aceh usai tsunami terjadi.

Peringatan mengenang 10 tahun bencana tsunami Aceh digelar di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Warga Aceh pun turut berkumpul di lapangan dengan mengenakan kemeja putih. 

Dalam peringatan ini, video bencana tsunami juga kembali diputar. Warga yang menyaksikan pun tak dapat menahan rasa tangisnya. Mereka tampak mengusapkan air mata berkali-kali. 

Selain JK, peringatan tsunami Aceh juga dihadiri oleh sejumlah menteri. Yakni Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Selain itu, hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan serta Menteri Pan dan) Yuddy Chrisnandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement