Kamis 25 Dec 2014 23:04 WIB

Musim Liburan, Wisata Kaliurang Mulai Dipadati Pengunjung

Rep: c67/ Red: M Akbar
Taman wisata Tlogo Putri, Kaliurang, porak poranda akibat erupsi Merapi,
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Taman wisata Tlogo Putri, Kaliurang, porak poranda akibat erupsi Merapi,

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu tujuan wisatawan ketika musim libur tiba. Pasalnya, DIY sebagai kota pelajar dan budaya memiliki destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Sehingga tidak heran peningkatan wisatawan sejumlah tempat wisata di DIY mengalami peningkatan.

Seperti di kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam ini sejak awal Desember sampai memasuki libur natal terus mengalami peningkatan. “tapi peningkatannya tidak signifikan,” ujar Agus, Staff Pendapatan Daerah Kabupaten Sleman, kepada Republika di loket masuk gerbang wisata Kaliurang, Kamis (25/12).

Berdasarkan data terakhir retribusi yang tercatat daripintu masuk pada tanggal 18 Desember pengunjung mencapai 1.217.000 pengunjung diwaktu siang. Sementara sebanyak 2.527.000 pada waktu siang.

Agus memprediksi puncak volume wisatawan yang akan berkunjung ke kaliurang diperkirakan terjadi pada malam pergantian tahun. Ia juga mengungkapkan, pada libur natal kendaraan yang masuk banyak yang datang dari luar kota dan didominasi oleh Bus.

Sementara itu, Suprayetno petugas tiket mobil di wisata Telogo Putri di kawasan Kaliurang mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan terjadi sejak Senin kemarin. Setiap harinya kedatangan mobil wisatawan mencapai 100 mobil per hari.

Hal tersebut meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa yaitu 50 mobil per hari. “jam 10 pagi sudah mulai rame,” katanya, Kamis (25/12).

Pantauan Republika, tidak tampak kemacetan disepanjang jalur menuju kawasan wisata Kaliurang. Meskipun cukup padat namun laju kendaraan masih terpantau lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement