Rabu 24 Dec 2014 23:15 WIB

Kementerian PU Bangun Jembatan Musi IV dan Tiga Jembatan Layang

Rep: Maspril Aries/ Red: Erdy Nasrul
Gambar pembangunan Jembatan Musi III
Gambar pembangunan Jembatan Musi III

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Sampai lima tahun ke depan menjelang pelaksanaan Asian Games XVIII 2018, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun jembatan dan jalan layang di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala B2PJN (Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional) Wilayah III Tasripin Sartiyono menjelaskan, pemerintah akan membangun jembatan Musi IV dan tiga jembatan layang di Kota Palembang.  “Setelah melakukan kajian, fly over akan dibangun di simpang bandara- Tanjung Api Api, simpang jalan Angkatan 66 dan simpang Keramasan-Kertapati,” katanya, Selasa (23/12).

Rencana pembangunan fly over tersebut telah dilaporkan Kepala B2PJN kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. “Rencana pembangunan tersebut sudah disampaikan kepada Gubernur Sumsel dan akan mulai dibangun 2015, ditargetkan sebelum Asian Games 2018 sudah selesai dan dapat digunakan,” ujar Tasripin.

Selain tiga jembatan layang, sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 juga akan dibangun jembatan Musi IV. Menurut Tasripin, perkembangan rencana pembangunan Jembatan Musi IV saat ini sedang dalam pembebasan lahan. “Kita perkirakan pembebasan lahan ini akan selesai akhir Januari 2015,” katanya.

Menurut Kepala B2PJN Wilayah III, untuk pembangunan jembatan Musi IV pendanaannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp585 milyar. Pembangunannya ditargetkan selesai 2017. Sementara itu untuk pembebasan lahan jembatan Musi IV, Pemerintah Kota Palembang mengalokasikan dana pendamping untuk ganti rugi lahan dan bangunan warga yang terkena proyek Jembatan Musi IV sebesar Rp10 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement