Rabu 24 Dec 2014 17:45 WIB

3.000 Banser Amankan Perayaan Natal di Jateng

Pasukan Banser.
Foto: Antara/Eric Ireng
Pasukan Banser.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sekitar 3.000 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) akan ikut mengamankan perayaan Natal 2014 yang berlangsung di seluruh gereja di Provinsi Jawa Tengah bersama dengan aparat TNI-Polri sebagai upaya menjaga keamanan serta ketertiban.

"3.000 anggota Banser yang dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal tahun ini berasal dari 35 kabupaten/kota se-Jateng," kata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah Ikhwanuddin di Semarang, Rabu.

Ia menjelaskan pengamanan perayaan Natal 2014 di gereja-gereja yang dilakukan ribuan anggota Banser tersebut bersifat membantu tugas-tugas dari TNI-Polri dalam menciptakan kondisi keamanan secara keseluruhan.

"Leading sektornya tetap kepolisian. Artinya penempatan anggota Banser sesuai dengan pemetaan kepolisian dan kami sebelumnya sudah melakukan koordinasi," ujarnya.

Ikhwanuddin mengungkapkan yang melandasi anggota Banser ikut membantu pengamanan perayaan Natal di gereja yang menjadi agenda setiap tahun itu adalah ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basariyah.

Menurut dia, ukhuwah wathaniyah menjadi dasar karena tugas menjaga keamanan dan ketertiban pada saat perayaan hari besar keagamaan menjadi tugas bersama, tidak hanya TNI-Polri, melainkan juga seluruh elemen masyarakat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement