Rabu 24 Dec 2014 02:01 WIB

Stok Bahan Pokok Jelang Natal di Papua Terpenuhi

Ketersediaan bahan pokok bisa menekan laju inflasi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ketersediaan bahan pokok bisa menekan laju inflasi

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) menjamin stok berbagai jenis kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Biak Numfor, Papua, hingga jelang H-2 Natal 25 Desember masih terpenuhi dengan aman di pasaran.

"Berdasarkan laporan dan pengawasan di lapangan, bahan pokok cukup tersedia, karena itu warga diminta tidak khawatir akan kehabisan bahan pokok," ujar Kabid Perdagangan Disprindag, Nico Sroyer di Biak, Selasa.

Ia mengakui, menjelang hari besar keagamaan umat Kristiani permintaan berbagai jenis kebutuhan bahan pokok mengalami lonjakan signifikan karena meningkatnya kebutuhan warga jelang hari Natal 25 Desember 2014.

Diantara kebutuhan bahan pokok yang meningkat itu, menurut Nico, seperti tepung terigu, beras, gula pasir, minyak goreng, bahan pembuat kue serta berbagai jenis minuman kaleng dan air mineral.

Menyinggung harga jual di pasaran, menurut Nico, hingga mendekati hari Natal harga relatif normal meski ada sejumlah komoditi bahan pokok mengalami lonjakan harga karena meningkatnya permintaan di pasaran.

"Secara keseluruhan harga berbagai jenis bahan pokok bertahan karena tersedianya kebutuhan warga menghadapi Natal," katanya.

Untuk harga beras kualitas bagus Rp 12 ribu/kg, minyak goreng Rp 19 ribu/liter, tepung terigu Rp 10 ribu/kg, gula pasir Rp 16 ribu/kg serta beras Bulog Rp 9.000/kg dan telur ayam Rp 48 ribu/rak.

Hingga Selasa pukul 14.00 aktivitas penjualan berbagai bahan pokok di berbagai pasar dan supermarket masih lancar dan mengalami peningkatan disbanding hari biasanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement