Senin 22 Dec 2014 23:09 WIB

BPBD Jember Distribusikan Masker Antisipasi Abu Raung

Gunung Raung
Gunung Raung

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendistribusikan ribuan masker kepada warga untuk mengantisipasi turunnya abu vulkanik susulan dari Gunung Raung.

"Hujan abu vulkanik mengguyur Desa Rowosari dan Gunung Malang di Kecamatan Sumberjambe pada Ahad (21/12), sehingga para sukarelawan dari tokoh masyarakat membagikan masker kepada warga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo di Jember, Senin.

Menurut dia, turunnya abu vulkanik yang cukup tipis tersebut karena arah angin condong dari puncak gunung mengarah ke barat daya (Kabupaten Jember), namun aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.222 meter dari permukaan laut (mdpl) itu masih dalam status waspada (Level II).

"Kami sudah berkoordinasi dengan petugas pos pengamatan gunung api (PPGA) Raung di Banyuwangi bahwa aktivitas berupa suara gemuruh, hujan abu vulkanik, dan getaran merupakan aktivitas yang wajar bagi gunung api yang berstatus waspada, sehingga masyarakat tidak perlu panik," ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, BPBD Jember hari ini akan mendistribusikan sebanyak dua dus masker kepada sukarelawan, agar masker tersebut disimpan dan bisa dibagikan secara gratis kepada warga pada saat hujan abu susulan kembali terjadi.

"BPBD Jember tetap memantau kebutuhan masker yang dibutuhkan oleh warga terdampak abu vulkanik Gunung Raung, sehingga diharapkan semua warga bisa mendapatkan masker untuk antisipasi hujan abu vulkanik," katanya.

Ia menjelaskan hujan abu yang sangat tipis tersebut tidak mengganggu aktivitas warga yang berada di Desa Gunung Malang dan Rowosari karena mereka sudah terbiasa.

"Saya imbau warga menggunakan masker, apabila hujan abu vulkanik turun karena dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ispa)," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement