Jumat 19 Dec 2014 11:17 WIB

Pemukiman Padat Penduduk Terbakar

Rep: c07/ Red: Esthi Maharani
Aktivitas warga yang bermukim di bawah kolong tol dikawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat ( 5/9). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Aktivitas warga yang bermukim di bawah kolong tol dikawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat ( 5/9). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, PENJARINGAN - Kebakaran kembali melanda pemukiman padat di Jalan Tanah Pasir, Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat (19/12). Sebanyak 11 rumah di wilayah Rw 09 Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan dilalap si jago merah. Diduga kebakaran disebabkan oleh arus pendek listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Kepala Seksi Operasional Sudin Damkar dan PB Jakarta Utara, Muchtar Zakaria, mengatakan dari kesaksian warga, api muncul sekitar pukul 06.30 WIB dari salah satu rumah di Rt 03 Rw 09, Kelurahan Penjaringan. Kemudian si jago merah tersebut menjalar dan melalap hingga 11 rumah, dengan rincian  empat rumah di Rt 03 dan tujuh  rumah di Rt 07 Rw 09, Penjaringan.

Untuk memadamkan api, lanjut Muchtar, pihak Damkar mengerahkan sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.  

"Sekitar 1,5  jam kemudian api dapat dikuasai," kata Muchtar saat dihubungi, Jumat (19/12).

Dugaan sementara, kata Muchtar, api berasal dari arus pendek listrik di salah satu rumah. Muchtar menjelaskan pihaknya sempat kesulitan mendapatkan sumber air karena minimnya sumber air di lokasi kejadian, selain itu sebagian besar bangunan di permukiman tersebut kebanyakab terbuat dari material mudah terbakar menyebabkan api cepat membesar dan meluas. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Kami belum dapat memperhitungkan berapa nilai kerugian material," tuntasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement