Kamis 18 Dec 2014 11:37 WIB

‘Pusdai fil Mahabbah’ Gelar Nikah Massal

Sejumlah pasangan pengantin melakukan ijab kabul saat berlangsungnya nikah massal.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Sejumlah pasangan pengantin melakukan ijab kabul saat berlangsungnya nikah massal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pusat Peribadatan dan Dakwah Islam (Pusdai) Jabar menggelar kegiatan ‘Pusdai fil Muhabbah Nikah Massal’, Ahad (21/12). Kegiatan ini sebagai rangkaian dari Milad 17 tahun Pusdai pada 2014.

Ketua Panitia Milad 17 Tahun Pusdai Jabar H Indra Nugraha mengatakan, pada 2 Desember 1997 atau menjelang bulan suci Ramadhan 1419 H, Pusdai hadir ditengah-tengah keberagaman hidup di Kota Bandung. Bahkan, secara nasional menjadi lembaga Islamic Centre pertama di Indonesia.

Sebagai pusat peribadatan dan dakwah Islam di Jabar, kata Indra, di usia 17 tahun ini merupakan pengabdian Pusdai yang tak bisa dijalani tanpa dukungan dari berbagai pihak dan tentunya kesempatan serta kekuatan yang diberikan oleh Allah SWT. Berdasarkan hal itu, ujar Indra,  panitia Milad 17 Tahun Pusdai Jabar tergerak untuk mengisi momentum milad dengan kegiatan yang bermakna bagi masyarakat Kota Bandung .

Kegiatan itu adalah ‘Pusdai fil Mahabbah”Nikah Massal’ dalam rangka Milad 17 Tahun Pusdai Jabar. “Ini pun sebagai wujud kepedulian sosial Pusdai,” katanya.

Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui. (QS. An Nuur [24]: 32).

 Acara ini akan diselenggarakan pada Ahad (21/12). Untuk rangkaian acaranya di mulai dengan pelaksanaan akad nikah di Masjid Pusdai pukul 09.00 WIB dengan khutbah nikah disampaikan oleh KH Shoimun. Selanjutnya setiap pasang mempelai akan diarak dengan kesenian Sunda menuju tempat pelaminan dan resepsi pernikahan. “Insya Allah dimulai pukul 11.00 WIB – 14.00 WIB di Gedung Serba Guna Bale Asri,” ujar Indra.

Menurut Indra, kegiatan ditujukan untuk menyemarakkan Milad Pusdai Jabar 1436 H sebagai hari yang dapat memberikan manfaat dan  kebahagiaan bagi masyarakat luas. Kemudian, keberadaan PUSDAI menjadi salah satu bentuk percontohan Dakwah Sosial serta khazanah kabudayaan Islam di Jawa Barat. “Sasaran kegiatan milad adalah para peserta kegiatan yang diselenggarakan Pusdai, masyarakat Bandung dan sekitarnya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement