Rabu 17 Dec 2014 08:15 WIB

Pemkab Sukabumi Dorong Gerakan Konsumsi Ikan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Hasil tangkapan nelayan di pelabuhan Muara Baru, Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Hasil tangkapan nelayan di pelabuhan Muara Baru, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi berupaya menaikkan tingkat konsumsi ikan masyarakat. Pasalnya, saat ini tingkat konsumsi ikan warga Kabupaten Sukabumi masih berada di bawah target nasional.

"Oleh karena itu kita dorong peran Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan),’’ ujar Bupati Sukabumi Sukmawijaya, Selasa (17/12). Keberadaan forum tersebut baru dilantik pada Selasa.

Menurut Sukmawijaya, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Sukabumi baru mencapai 23 kilogram per kapita per tahun. Sementara rata-rata target nasional mencapai 33 kilogram per kapita nasional.

Sukmawijaya berharap, ke depan forum tersebut dapat memberikan kontribusi positif untuk mendongkrak tingkat konsumsi ikan masyarakat menuju target yang ditetapkan. Minimal, bisa mencapai target yang ditetapkan secara nasional. 

Dorongan untuk menaikkan tingkat konsumsi ikan ini dikarenakan tingginya kandungan gizi pada komoditas tersebut. Misalnya mempunyai manfaat untuk mencerdaskan otak, jantung sehat dan tubuh yang kuat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi Abdul Kodir menambahkan, tingkat konsumsi ikan warga Sukabumi khususnya yang berada di wilayah tengah seperti Jampag masih rendah.

Sementara itu warga yang ada di pesisir selatan Sukabumi seperti Kecamatan Palabuhanratu tingkat konsumsi ikannya cukup tinggi. 

Hal ini dikarenakan wilayah selatan Sukabumi terkenal sebagai penghasil ikan laut seperti cakalang, tuna, dan layur. 

Warga di utara Sukabumi kata Kodir, tingkat konsumsi ikan khususnya budidaya ikan air tawar cukup tinggi seperti lele, mas, dan lele. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement