Senin 15 Dec 2014 14:28 WIB

'Kalau SBY Maju Lagi, Pasti Menang'

Rep: c89/ Red: Mansyur Faqih
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bakti menilai, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan bakal menang jika mencalonkan diri lagi pada kongres 2015.

Karena sampai saat ini, tidak ada lawan yang dianggap sepadan dengan mantan presiden RI keenam itu. "Kalau SBY maju lagi, pasti menang. Saya gak bilang aklamasi. Kalaupun voting, sudah gak ada lawan," ujar Ikrar saat dihubungi ROL, Senin (15/12).

Menurut Ikrar, semua keputusan politik partai saat ini tergantung SBY sendiri. Turunnya perolehan suara Demokrat pada 2014 juga diperkirakan sudah dipertimbangkan oleh SBY.

Meski pun, Ikrar tak menampik, salah satu penyebab jatuhnya suara Demokrat karena banyak kader yang tersangkut kasus korupsi.

"Kalau udah gitu, semua tergantung Pak SBY. Apakah mau maju lagi atau tidak. Tentu saja bisa dilihat dari anjloknya kursi di parlemen. Meskipun kita tahu penyebabnya banyak kader yang korupsi," jelas Ikrar.

Ikrar menyarankan, sebaiknya SBY bermain di level penasihat. Seperti ketua dewan pembina dan sebagainya. Karena target SBY menjadi presiden sudah tercapai. Karenanya, posisi ketua umum hendaknya diberikan kepada kader muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement