Ahad 14 Dec 2014 14:26 WIB

2015, Dua Pasar di Yogyakarta Direvitalisasi

Rep: Yulianingsih/ Red: Indah Wulandari
Pasar Kranggan Yogyakarta
Foto: antara
Pasar Kranggan Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Revitalisasi pasar yang dilakukan Pemkot Yogyakarta sejak beberapa tahun terakhir akan terus berlanjut.

Pada 2015 mendatang Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Yogyakarta akan merevitalisasi dua pasar tradisional, yakni Pasar Karangwaru dan Kranggan.

"Rencana revitalisasi kedua pasar sudah masuk ke APBD 2015.  Total alokasi anggaran untuk revitalisasi kedua pasar sebesar Rp 8,8 miliar," kata Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana, Ahad (14/12).

Menurutnya, perbaikan Pasar Karangwaru dilakukan  pada seluruh bangunan sehingga pekerjaan membutuhkan waktu lama. Tahap perencanaan perbaikan pasar tersebut sudah dilakukan dan akan selesai akhir Desember 2014 ini.

Selain perbaikan, juga akan ada penambahan tempat parkir di Pasar Karangwaru. Terutama untuk parkir motor. Ini karena lokasi pasar ada di tepi Jalan Magelang yang ramai lalu lintasnya. Alokasi anggaran untuk revitalisasi Pasar Karangwaru sekitar Rp 2, 8 miliar.

"Akan ada penambahan tempat parkir, mungkin dengan sistem basement atau lainnya," ujarnya.

Sementara untuk perbaikan Pasar Kranggan dilakukan di sisi timur dan utara pasar. Perbaikan itu merupakan tahap ketiga sejak tahun 2013 dilakukan revitalisasi Pasar Kranggan. Alokasi anggaran revitalisasi Pasar Kranggan sekitar Rp 6 miliar.

"Perencanaan teknisnya sudah ada dan tinggal melanjutkan. Bagian yang akan direvitalisasi lebih banyak dibanding revitalisasi sebelumnya sehingga dana anggaran lebih besar," katanya.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Yogyakarta Maryustion Tonang mengatakan, dua pasar tradisional itu dipilih karena kondisi fisiknya perlu diperbaiki. Hal ini penting untuk mendukung penataan pasar tradisional yang bersih, pelayanan baik, sehingga nyaman.

 "Untuk revitalisasi di Pasar Kranggan sudah dilakukan di sisi tengah dan barat. Tahun depan dilanjutkan di sisi timur," katanya.

Revitalisasi pasar pada 2014 ini kata dia juga dilakukan di Pasar Kranggan di Pasar Telo Karangkajen. Pasar Telo sendiri sudah selesai pembangunannya dan akan diresmikan akhir tahun ini. Sementara Pasar Kranggan dilanjutkan pada 2015 mendatang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement