Kamis 11 Dec 2014 22:48 WIB

PBNU: Intelejen Barat Terlibat Operasi Lawan Terorisme di Indonesia

Rep: agus raharjo/ Red: Damanhuri Zuhri
Slamet Effendi Yusuf
Slamet Effendi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU), Slamet Effendy Yusuf menilai sangat wajar bila operasi melawan terorisme melibatkan intelejen AS maupun negara barat lainnya.

Menurutnya, sejak peristiwa 11 September yang mengguncang AS, intelejen barat seperti memiliki legitimasi untuk melakukan operasi di negara-negara yang diprediksi ada terorisme, termasuk Indonesia.

"Wajar kalau melibatkan intelejen barat, seperti Australia mengokong Densus 88 di Indonesia," kata Slamet Effendy Yusuf saat dihubungi Republika, Kamis (11/12).

Effendy Yusuf menambahkan yang paling penting adalah dalam memberantas tindakan terorisme ini, jangan sampai melahirkan bentuk terorisme baru.

Tindakan aparat dan intelejen jangan berlebihan yang membuat masyarakat justru merasa diteror. Pemberantasan terorisme harus didasari pada hukum yang berlaku serta tetap menjunjung tinggi HAM.

"Terorisme yang dikaitkan dengan Islam seperti Al Qaeda bisa saja dulu tidak disetujui tapi karena operasi intelejen represif banyak yang justru lahir teror baru," imbuh Effendy Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement