Jumat 05 Dec 2014 12:11 WIB

Banyak Kemungkinan Mengapa Adnan Sebut status Tersangka Boediono

Rep: C08/ Red: Winda Destiana Putri
Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat hukum pidana dari Universitas Indonesia Ganjar Laksana menduga banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan mengapa pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Adnan Pandu Praja menyebutkan status mantan Wapres Boediono sudah menjadi tersangka kasus Bank Century.

Menurut Ganjar, KPK harus mengklarifikasi secara jelas kepada Adnan, karena hal ini bisa menimbulkan berbagai opini di publik.

"Dicari tahu alasan mengapa dia bisa berbicara seperti itu, banyak kemungkinannya," kata Ganjar kepada Republika Online, Jumat (5/12).

Adanya perbedaan pendapat di antara petinggi KPK dianggap Ganjar sebagai sebuah hal yang biasa di dalam perspektif hukum. Ganjar menduga, pernyataan Adnan yang keluar pada saat diseminasi buku putih tentang lima perspektif antikorupsi di Pekanbaru, Kamis (4/12) itu hanya karena kesalahan koordinasi dengan penyidik.

Ganjar berpendapat hal ini belum patut untuk dibawa kepada komite etik KPK sebelum KPK belum menanyakan langsung kepada Adnan. Persoalan ini masih bisa diselesaikan oleh sesama petinggi KPK. Ia meminta agar publik juga dapat menilai secara proporsional terhadap persoalan perbedaan pendapat ini

Seperti diberitakan, usai Adnan Pandu menyebut bahwa mantan Wapres Boediono menjadi tersangka kasus Bank Century, beberapa pimpinan KPK lain langsung mengeluarkan bantahan. "Kabar itu tidak benar," kata Johan Budi, semalam.

Begitu juga dilontarkan oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Bambang bahkan menegaskan belum ada sama sekali ekspose seputar kemungkinan tersangka Boedino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement