Jumat 05 Dec 2014 10:25 WIB

Canggih, Polres Kota Bogor Miliki Layanan Berbasis Android

Android
Android

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepolisian Resor Bogor Kota meluncurkan layanan masyarakat berbasis android yang diberi nama E-Bogorta. Lewat aplikasi ini masyarakat dapat mengakses layanan kepolisian lebih cepat.

"Ini program pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi pemakai android, ini bukan webside atau blog, dapat diunduh secara gratis di Play Store," kata Kepala Polisi Resor Bogor Kota, AKBP Irsan di Bogor, Jumat (5/12).

AKBP Irsan menjelaskan, pelayanan berbasis Android menyajikan empat layanan kepolisian yakni lalu lintas, reserse dan kriminal (Reskrim), serta bimbingan masyarakat (Bimas). Di dalam aplikasi tersebut, tersedia nomor kontak kepolisian di enam sektor kecamatan, nomor yang disediakan merupakan nomor asli milik Kapolres, Kapolsek dan petugas yang bertugas.

"Sehingga jika ada laporan, langsung menelepon nomor-nomor petugas polisi yang ada di sesuai wilayahnya, maka akan langsung tersambungkan ke nomor asli milik petugas itu, bukan nomor operator," kata Kapolres.

Ia mencontohkan, misalnya masyarakat yang melapor dari Kecamatan Bogor Selatan, dapat memilih Polsek Bogor Selatan, lalu menelpon salah satu nomor petugas yang tersedia. Telepon akan langsung tersambung dengan petugas yang dituju.

Kapolres menyebutkan, layanan berbasis android ini memberikan pelayanan penuh melibatkan 68 Bimas, 16 Reskrim, dan empat personel lalu lintas secara call center. "Artinya kita mengambil risiko dengan memberikan nomor pribadi masing-masing anggota, kalau tidak ada tidak lanjut dari telepon ini, maka siap-siap dicemooh oleh masyarakat," ujar AKBP Irsan.

AKPB Irsan menyebutkan, semua hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di masyarakat dapat dilaporkan langsung oleh masyarakat melalui layanan android ini. Layanan ini memudahkan masyarakat untuk tidak perlu repot-repot datang melapor ke kantor polisi, cukup dengan melaporkan melalui telepon, petugas akan langsung bergerak.

Dalam layanan tersebut juga tersedia layanan kontak ambulans dan pemadam kebakaran yang langsung tersambung dengan layanan android tersebut. "Ini tujuannya untuk memangkas birokrasi, memberikan pelayanan kepada masyarakat. Biasanya kita dikatakan terlambat. Harapannya dengan adanya program ini polisi bisa lebih cepat bertindak," kata AKBP Irsan.

AKBP Irsan menambahkan proses pembuatan aplikasi layanan tersebut membutuhkan waktu dua minggu. Pada Senin (17/11) lalu sudah bisa diunduh oleh masyarakat. Program pelayanan Polres Bogor Kota berbasis Android diberi nama E-Bogorta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement