Jumat 28 Nov 2014 13:26 WIB

Peneliti di Puslitbang Kementerian PU Dinilai Kurang, Mengapa?

Rep: C78/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peneliti Indonesia. Ilustrasi.
Foto: Antarafoto
Peneliti Indonesia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Peneliti Utama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Puslitbang) Kementerian Pekerjaan Umum Isnugroho menilai, jumlah peneliti yang ada di lembaga tersebut masih kurang. Padahal, sumber daya manusia di Puslitbang penting dalam melakukan proses dan hasil-hasil penelitian di PU berkaitan dengan penyelenggaraan fasilitas publik.

“Minat generasi muda untuk menjadi peneliti itu kurang tinggi, antara peneliti dengan para pelaksana di lapangan dari segi penghasilan masih kalah jauh,” kata dia kepada ROL, Jumat (28/11) di sela-sela acara Seminar Teknologi Penyediaan Iptek, Infrastruktur, Pekerjaan Umum dan Perumahan andal. 

Makanya, lanjut dia, menjadi peneliti adalah panggilan jiwa. Butuh ketertarikan dalam menggeluti profesi ini. Namun, ditanya soal jumlah pasti peneliti yang ada di puslitbang, serta yang saat ini tersedia, ia tidak bisa menyebutkannya, dan mengarahkan Republika untuk bertanya langsung kepada Kepala Puslitbang Kemen PU.

Selain kekurangan peneliti, ia juga mengaku kekurangan dari segi anggaran. Penelitian, kata dia, merupakan proses yang tidak pernah berhenti.

Sebagai hasil penelitian selalu diuji dan diteliti berkali-kali untuk pengembangan dan penerapan hasil penelitian secara luas di masyarakat. sementara, auditor kerap menanyakan apa yang mesti diteliti lagi ketika dilakukan proses audit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement