Rabu 26 Nov 2014 10:07 WIB

Begini Cara Polisi Urai Kemacetan di Jalan Tol Kala Operasi Zebra

Rep: C96/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Operasi Zebra yang digelar Polda Metro Jaya.
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Operasi Zebra yang digelar Polda Metro Jaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, akan melakukan terobosan dalam Operasi Zebra Jaya 2014. Yaitu selain kanalisasi kendaraan bermotor, petugas yang mengurai kemacetan lalulintas terdiri dari Satuan Lalulintas, Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara), dan Brigade Mobil (Brimob).

"Jadi selama ini simpul-simpul kemacetan sudah kita urai menggunakan pos pantau," ujar Unggung kepada wartawan seusai Apel Persiapan Operazi Zebra Jaya 2014 di Mapolda Metro Jaya, Rabu (26/11). Terobosan kanalisasi, ia menambahkan, yakni dilakukan di jalan tol terlebih dahulu.

Kanalisasi ini, kata Unggung, yaitu satu kendaraan berat harus berada di sebelah kiri. Sebab, hal yang sering terjadi, banyak kendaraan berat yang menggunakan lajur dua dan tiga paling kanan di jalan tol. Hal itu, ternyata menghambat kendaraan kecil yang di belakangnya. Itu terjadi lantaran kendaraan berat yang ada melaju dengan lambat.

Lalu, kata Unggung, di jalan tol, kendaraan kecil harus berada di dua lajur paling kanan. "Satu lajur kendaraan berat, dua lajur untuk kendaraan kecil untuk dipercepat," ucapnya.

Unggung menuturkan, petugas pun akan memasang kerucut lalu lintas (traffic cone) di jalan tol. Kerucut lalu lintas inilah, menurut dia, yang akan mengarahkan kendaraan bermotor ke lajur yang sudah ditetapkan.

Tak hanya itu, di beberapa titik di jalan tol, lanjut Unggung, akan ada petugas yang siap mengatur lalu lintas dan mengontrolnya.

Unggung pun dalam hal ini menyoal kemacetan yang terjadi di wilayah tugas Polda Metro Jaya. "Tidak boleh macet dibiarkan, tidak, saya tidak mau," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement