Ahad 23 Nov 2014 19:21 WIB

Sebelum Kaesang, Jokowi Lebih Dulu 'Kirim' Gibran Sekolah di Singapura

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Winda Destiana Putri
 Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana terbang ke Singapura dengan menggunakan pesawat komersial kelas ekonomi.
Foto: Republika/Halimatus Sa'diyah
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana terbang ke Singapura dengan menggunakan pesawat komersial kelas ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini, publik tengah ramai membahas momen

Namun, sebelum Kaesang, Jokowi rupanya sudah lebih dulu 'mengirim' putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, untuk bersekolah di negara tersebut.

Gibran diketahui telah menuntut ilmu di Singapura sejak SMA di Orchid Park Secondary School. Setelah lulus, ia melanjutkan studinya di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus pada 2007.

Dari Singapura, Gibran melanjutkan kuliah di University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010. Kini, pria 27 tahun tersebut tengah menjalankan bisnisnya di bidang katering dan wedding organizer, Chilli Pari, yang berbasis di Solo.

Selain Gibran dan Kaesang, ternyata banyak anak presiden lain yang juga kuliah di Singapura. Seperti dilansir Straits Times, dua putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga berkuliah di negeri tersebut. Putra sulung SBY, Agus Harimurti, pernah mengambil master di Insitute of Defence and Strategic Studies dan lulus pada 2006. Adapun Edhie Baskoro Yudhoyono pernah berkuliah jurusan ekonomi politik internasional di Nanyang Technological University.  

Anak presiden lain yang juga pernah menuntut ilmu di Singapura antara lain putri dari Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Bona Mugabe dan putra dari mantan presiden Timor Leste Ramos Horta, Loro Horta. Selain itu ada juga putra mantan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet, Nguyen Minh An dan putra dari Raja Brunei Darussalam Sultan Hasanah Bolkiah, Pangeran Haji Abdul Azim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement