Ahad 23 Nov 2014 16:47 WIB

Situs Kerajaan Majapahit di Trowulan Hampir Punah

Peta sebaran situs arkeologis di kawasan Trowulan, Mojokerto-Jombang, Jawa Timur.
Foto: r0edin.blogspot.com
Peta sebaran situs arkeologis di kawasan Trowulan, Mojokerto-Jombang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO--Ribuan situs sejarah Kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto, hampir habis. Situs yang berupa susunan batu bata habis dijual atau digunakan sebagai bahan baku rumah penduduk sekitar.

Masyarakat yang masih peduli dan ingin merevatilisasi situs-situs tersebut membuat sebuah gerakan SaveTrowulan. Deni Indianto salah satu penggagas gerakan SaveTrowulan mengatakan banyak situs dan struktur bangunan bersejarah yang habis digunakan oleh warga sekitar. "Batu bata pra-sejarah banyak digunakan warga untuk membangun rumah, batu bata dihancurkan dan dicampur dengan pasir," kata Deni, Sabtu (22/11).

Deni mengatakan banyak warga yang tidak memahami pentingnya artefak-artefak tersebut. Di desa Watesupa ada sebuah artefak yang berbentuk pancang perbatasan. Deni mengatakan beberapa tahun lalu bangunan tersebut masih utuh. Namun banyak warga yang membutuhkan bahan bangunan untuk membangun rumah. Maka digunakanlah batu bata yang berasal dari bangunan abad ke-empat belas tersebut. Hanya batu bata berada di sekitar prastasti yang tidak digubakan oleh warga.

Sebagai warga Trowulan yang sehari–harinya tinggal dan beraktivitas di kawasan tersebut Deni berkeinginan kuat untuk melestarikan pusaka (heritage) Kerajaan Majapahit. Bersama-sama warga para pemerhati pelestarian dan akademisi yang peduli bergabung bersama dalam wadah Mandala Majapahit sebagai sebuah forum untuk melakukan berbagai kegiatan pelestarian di Trowulan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement