Sabtu 22 Nov 2014 21:18 WIB

Kapolres Janji Usut Terbakarnya Kapal Bantuan Menteri

Salah satu kapal Inka Mina.
Foto: Antara/ca
Salah satu kapal Inka Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung AKBP Bastoni Purnama berjanji akan mengusut tuntas kasus terbakarnya kapal Inka Mina bantuan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk nelayan di Pantai Sine, termasuk dugaan korupsi dalam proyek pengadaan kapal bernilai miliaran rupiah tersebut.

"Kami akan segera memeriksa saksi-saksi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengusut kasus ini," kata AKBP Bastoni di Mapolres Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (22/11).

Penegasan itu sekaligus mengonfirmasi bahwa kasus terbakarnya kapal Inka Mina yang diserahterimakan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim pada 2013, segera diambil alih Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tulungagung dari Polsek Kalidawir.

Tim penyidik saat ini sudah dibentuk, dan dalam waktu dekat Bastoni Purnama memastikan mereka bakal dikirim ke lokasi kejadian untuk melakukan serangkaian pemeriksaan awal.

"Informasi yang kami terima kapal ini adalah proyek provinsi dan dilaporkan oleh dinas kelautan. Kami akan periksa saksi-saksi," terangnya.

Belum ada satu pun tersangka yang ditetapkan dalam kasus ini. Kapolres mengisyaratkan, pihaknya tidak mau gegabah menyimpulkan sebab-sebab terjadinya kebakaran kapal, kendati

informasi awal menyebut ada unsur kesengajaan.

Tidak hanya mencari pelaku pembakaran, Kapolres mengatakan pihaknya juga akan menyelidiki dugaan korupsi dalam proyek pengadaan kapal bantuan menteri tersebut.

"Tergantung bagaimana nanti hasil olah TKP, pemeriksaan barang bukti, serta keterangan saksi-saksi. Jika memang ada unsur kesengajaan, tentu kasus ini akan kami tindaklanjuti hingga tuntas," tegasnya.

Menurutnya, penyelidikan perlu dilakukan karena ada indikasi perahu sengaja dibakar.

Dugaan tersebut menguat berdasarkan penyelidikan sementara yang dilakukan jajaran Polsek Kalidawir pascakejadian.

Polisi saat itu tidak menemukan mesin penggerak di antara bangkai kapal. Analisa penyidik, ada pelaku yang secara sengaja memindahkan mesin sebelum perahu dibakar hingga hangus dan tak bisa digunakan.

Keanehan lain yang menjadi fokus penyelidikan polisi adalah posisi kapal masih berada di atas air, tepatnya ujung muara sungai Pantai Sine

Kapal Inka Mina bantuan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tahun 2013 diketahui telah hangus terbakar pada September 2014. Kejadian tersebut awalnya tidak terendus media massa.

Namun pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Tulungagung yang mendapat laporan kejadian tersebut saat itu segera melapor ke Polsek Kalidawir, kendati mereka berasumsi insiden tersebut sebagai kecelakaan biasa, bukan disengaja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement