Sabtu 22 Nov 2014 18:06 WIB

Istri Ahok Canangkan Gerakan Pungut Sampah

Rep: C07/ Red: Indira Rezkisari
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dan istrinya, Veronica Tan.
Foto: AP
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dan istrinya, Veronica Tan.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTENG - Istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan, mencanangkan Gerakan Pungut Sampah (GPS) saat membuka kegiatan "Jakarta Kinclong", di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/11).

"GPS merupakan kegiatan aksi masal yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan aparatur Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan aksi kebersihan lingkungan secara rutin," kata Veronica di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/11).

Kegiatan rutin tersebut, lanjut Veronica, akan dilaksanakan setiap hari Jumat sejak pukul 06.30 WIB sampai dengan pukul 07.00 WIB di lingkungan masing-masing. Kegiatan tersebut, kata dia, juga sudah dilakukan di kota Bandung dan terbukti disambut baik oleh warga dan membawa pengaruh positif.

Dalam kesempatan itu, Veronica menginstruksikan jajarannya untuk mensukseskan gerakan itu. Para Wali Kota, Camat dan Lurah diminta memimpin langsung warganya untuk melaksanakan GPS. Ia pun meminta kepada seluruh kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan GPS secara rutin. "Kita mulai membangun kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan daei sejak usia sekolah," kata dia dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Saptastri Ediningtyas Kusumadewi mengatakan melalui kegiatan GPS diharapkan seluruh lapisan masyarakat Jakarta memiliki pemahaman, sikap, perilaku, dan akhirnya menjadi kebiasaan untuk menjaga kebersihan kota Jakarta.

Untuk mendukung GPS, kata dia, Dinas Kebersihan telah menyiapkan tempat sampah pilah di berbagai titik di Jakarta. "Kami berharap, dengan GPS warga Jakarta akan terbiasa memilah sampah sesuai jenisnya. Kebiasaan memilah merupakan langkah awal untuk mendaur ulang sampah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement