Selasa 18 Nov 2014 23:06 WIB

Harga Cabai di Semarang Melambung

Cabai Merah
Foto: indonesian.cri.cn
Cabai Merah

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Harga cabai merah besar di pasar tradisional Kota Semarang saat ini mencapai Rp 60 per kilogram dari sebelumnya Rp 35 per kg seiring kenaikan harga bahan bakar minyak subsidi.

"Sebelum menjadi Rp 35 ribu/kg harga cabai hanya Rp 17 ribu/kg, kenaikan harga yang pertama ini merupakan dampak dari musim kemarau panjang," ujar salah satu pedagang cabai di Pasar Karangayu Ratmi di Semarang, Selasa.

Menurutnya, cabai jenis lain juga mengalami kenaikan harga cukup signifikan di antaranya cabai hijau dari harga Rp 7 ribu/kg menjadi Rp 23 ribu/kg, sedangkan untuk cabai rawit dari Rp 40 ribu/kg menjadi Rp 56 ribu/kg.

Sedangkan untuk komoditas lain yaitu bawang merah, jika sebelumnya di harga Rp 14 ribu/kg saat ini menjadi Rp 16 ribu/kg. Untuk bawang putih dari Rp 13 ribu/kg menjadi Rp 16 ribu/kg.

Ratmi mengakui, kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu tetapi terjadi secara bertahap. Dampak negatifnya adalah terjadi penurunan pembelian di kalangan konsumen.

"Pembelian mereka juga jadi berkurang, masyarakat tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk beli cabai," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement