Senin 17 Nov 2014 16:47 WIB

Daerah Berperan Besar dalam Peningkatan Kesehatan

Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah
Foto: Agus Yulianto/Republika
Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU – Pemerintah daerah memiliki peran yang sangat besar dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Apalagi, Standar Pelayanan Minimal (SPM) menjadi tuntutan masyarakat di era desentralisasi dan otonomi daerah saat ini.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, saat ini, daerah menjadi tulang punggung dalam pelayanan kesehatan. Hal ini, kata dia, karena di daerah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Di Kabupaten Indramayu, sektor kesehatan terus mendapatkan perioritas. Kami menginginkan semua warganya bisa terlayani oleh fasilitas kesehatan yang sudah ada,” kata Anna pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Alun-alun Indramayu, Senin (17/11).

Karena itu pula, kata Anna, peringatan HKN tahun ini, merupakan suatu momentum yang harus dimanfaatkan untuk meningkatkan tekad dan semangat dalam memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Yakni, semangat melayani, menggerakan, menangkap aspirasi masyarakat, memandirikan dan memberdayakan. “Semua semangat itu haruslah menjadi konsep dalam pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, pada peringatan HKN tersebut, diberikan penghargaan kepada pensiunan tenaga kesehatan yang masih terus mengabdi kepada daerah. Penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan tahun 2014 dan penghargaan kepada desa yang bebas open defecation free (ODF). Selain itu juga dilakukan penandatanganan dukungan moral terhadap kawasan bebas asap rokok di Kabupaten Indramayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement