Ahad 16 Nov 2014 14:09 WIB

Kartu Cerdas Digagas Bagi PSK yang Sakit

Rep: c 74/ Red: Indah Wulandari
Pekerja Seks Komersial (ilustrasi)
Foto: huffingtonpost.com
Pekerja Seks Komersial (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG--Pemerintah Kabupaten Malang akan memberikan kartu cerdas kepada para pekerja seks komersial (PSK). 

"Kemarin Dinas Kesehatan mengusulkan kartu cerdas, terkait banyaknya PSK yang sakit," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Abdul Malik, Ahad (16/11).

Malik menyebutkan dari 313 PSK ada 113 PSK mengalami penyakit kelamin dan tujuh PSK mengidap HIV/AIDS. Kartu cerdas ini, menurutnya, bukan hanya sebagai kartu jaminan kesehatan. Tapi, juga tertulis riwayat kesehatan pemiliknya.

Malik menjelaskan kartu cerdas ini akan berisi panduan kepada PSK yang menderita HIV/AIDS. Mulai dari cara penularan, tanda-tanda penderita, tempat-tempat yang bisa menangani pasien, dan penanggulangannya.

Malik mengatakan dengan kartu cerdas ini PSK tidak lagi kesulitan saat melakukan kontrol. "Mereka bisa datang ke tempat yang sesuai di kartu cerdas," kata Malik.

Kartu cerdas ini juga akan memuat data pasien sejak awal. Dengan begitu dokter dapat melihat perkembangan pasien dengan jelas. Penanganan dan penangulangan dapat dilakukan lebih mudah.

Malik mengatakan kartu cerdas ini adalah langkah yang harus dilakukan saat lokalisasi telah berhasil ditutup.

"Kartu cerdas ini diberikan kepada seluruh PSK tanpa kecuali dan kartu ini dapat digunakan kapan saja," ujar Malik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement