Sabtu 15 Nov 2014 12:19 WIB

Mantos Jadi Sepi Akibat Gempa 7,3 SR

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pusat perdagangan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terlihat sepi akibat gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang mengguncang daerah tersebut.

"Pihak managemen pusat perdagangan Manado Town Square (Mantos) perintahkan agar pengunjung segera meninggalkan lokasi karena gempa bumi," kata Roy T, karyawan swasta di Mantos Manado, Sabtu.

Roy mengatakan saat gempa terjadi, semua pengunjung berhamburan ke luar dan panik akibat kekuatan gempa yang berlangsung cukup lama. Pengunjung makin takut karena banyak dinding pusat belanja tersebut yang retak akibat gempa bumi.

"Hampir satu jam pengunjung berada di luar pusat belanja tersebut, akibat takut masuk ke dalam," jelasnya.

"Gempa yang berpusat di Halmahera Maluku Utara tersebut, berpotensi tsunami hingga ke Sulut," kata Asisten Seismology Stasiun Geofisika Winangun Manado, Isty.

Isty mengatakan gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer dan berpotensi menimbulkan tsunami baik di Bitung maupun Manado.

"Meskipun demikian, warga di Kota Manado dan sekitar pantai jangan panik,'' katanya. ''Kami menghimbau agar warga menjauhi lokasi dekat pantai.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement