Sabtu 15 Nov 2014 10:36 WIB

Gempa 7,3 SR Guncang Ternate Berpotensi Tsunami

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang Kota Ternate dan wilayah lainnya di Maluku Utara (Malut), Sabtu, sekitar pukul 11,31 Wit. Sesuai pemberitahuan dari BMKG, seperti dikutip dari Antara, gempa itu berpotensi terjadinya tsunami.

Kepala BMKG Ternate, Suwardi, ketika dihubungi mengatakan pusat gempa tersebut berada di lokasi 1,94 Lintang Utara, 126.50 BT dengan kedalaman 10 Km atau 132 Km Barat Laut Halmahera Barat.

Selain itu, gempa juga terjadi di 156 KM tenggara laut Ternate dan 180 KM barat laut Kota Sofifi, ibukota Malut, yang guncangannya cukup terasa dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut.

Sejauh ini belum diperoleh laporan adanya korban jiwa atau kerusakan fisik akibat gempa tersebut. Namun, BMKG dan instansi terkait telah mengimbau kepada masyarakat, terutama yang bermukim di daerah pesisir pantai untuk menjauhi garis pantai.

Gempa yang terasa cukup keras tersebut membuat warga di Kota Ternate berhamburan ke luar rumah, karena khawatir akan mengakibatkan rumah mereka roboh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement