Selasa 11 Nov 2014 17:25 WIB

Walah Jokowi Grogi Pidato di APEC

Presiden Jokowi bersama Wali Kota Solo Solo FX Hadi Rudyatmo.
Foto: Antara
Presiden Jokowi bersama Wali Kota Solo Solo FX Hadi Rudyatmo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi dinilai grogi ketika berpidato dalam forum APEC.  Dia terkesan belum menguasai panggung sepenuhnya pada awal berpidato.

“Mula-mula sedikit grogi,” jelas Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali, saat dihubungi, Selasa (11/11).

Beberapa kali terlihat Jokowi terbata-bata ketika berkata. Namun demikian pihaknya menilai hal itu hanya pada awal berpidato. Nanti lambat laun pada forum internasional lainnya, Jokowi akan terbiasa.

Kepercayaan diri sebagai presiden menurutnya akan membuat Jokowi semakin percaya diri. Mungkin, jelasnya, Jokowi saat ini sedang menjadi magnet baru di Asia Tenggara.

Terlepas dari itu semua, pidato Jokowi dinilai langsung ke pokok persoalan, sekaligus menjawab kebutuhan CEO Forum. Selama ini banyak tokoh dunia yang berpidato amat makro pada acara seperti itu. Bahkan beberapa cenderung basa-basi atau lebih memenuhi aspek seremonial.

Sejalan dengan waktu, kemampuan Presiden Jokowi pasti akan meningkat juga, tapi soal pengucapan dan gaya pidato tidaklah terlalu masalah, sejauh pesan-pesannya mengenal dan bangsa Indonesia mendapat manfaatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement