Senin 10 Nov 2014 11:29 WIB

Pahlawan Asal Depok Yang Terlupakan

Rep: c 15/ Red: Indah Wulandari
Pekerja menyelesaikan pembuatan pelebaran taman separator di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Jum'at (31/10).  (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Pekerja menyelesaikan pembuatan pelebaran taman separator di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Jum'at (31/10). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK—Tak banyak yang tahu bahwa Kota Depok ternyata mempunyai pahlawan yang diabadikan sebagai jalan utama Kota Belimbing tersebut.

Siapa yang tak pernah melewati Jalan Margonda? Pasti sebagian besar warga Depok dan luar Kota Depok mengenalnya sebagai akses utama. Namun, tak banyak yang tahu nama jalan tersebut berasal dari nama pahlawan asal Depok, yaitu Margana.

Margana adalah salah satu nama pahlawan yang sejak zaman kolonial Belanda turut membela Indonesia. Margana yang lebih lanjut disapa Margonda adalah pemuda asli kelahiran Depok. Meski hingga kini jejak sejarahnya belum diketahui.

Sementara sosok kedua adalah Tole Iskandar. Ia adalah seorang pahlawan asal Sukmajaya, Depok. 

Diakui Doni (27) mahasiswa universitas swasta di Depok bahwa ia baru tahu kalau ada pahlawan asli Depok. Meski kerap melewati kedua jalan tersebut, ia tak mengetahui kalau nama tersebut adalah nama pahlawan.

"Gak tahu, dari pemerintah juga gak ada sosialisasi sih ya," ujar Doni sambil tertawa.

Doni mengatakan perlu adanya edukasi dari pemerintah agar warga Depok mengetahui siapa siapa saja pahlawan. Sehingga hari pahlawan bukan hanya diperingati saja, tetapi juga bisa dimaknai oleh warga.

"Jadi nggak cuma upacara saja, bisa kan pemerintah silaturahim ke keluarga pahlawan, atau bikin museum peringatan," ujar Doni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement