Senin 10 Nov 2014 12:06 WIB

Wagub Jatim Ajak Semua Pihak Untuk Senam Jantung

Rep: C54/ Red: Winda Destiana Putri
Sejumlah Warga Binaan Sosial (WBS) lanjut usia melakukan senam bersama di Panti Tresna Werdha Budi Mulya 3 , Jakarta Timur, Selasa (23/9).(Republika/Rakhmawaty La'lang).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah Warga Binaan Sosial (WBS) lanjut usia melakukan senam bersama di Panti Tresna Werdha Budi Mulya 3 , Jakarta Timur, Selasa (23/9).(Republika/Rakhmawaty La'lang).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengajak semua pihak, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dan lanjut usia untuk terus melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang dianjurkan Gus Ipul adalah senam jantung.

"Mari kita jaga kesehatan. Caranya, dengan rutin lakukan kegiatan olahraga terutama senam jantung, agar tubuh menjadi sehat dan tidak mudah sakit," ujar Saifulllah dihadapan ribuan peserta senam jantung pada saat menghadiri peringatan HUT Yayasan Jantung Indonesia ke-33 di halaman Depan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Ahad, (9/11).

Saifullah menyadari, kesehatan merupakan elemen penting yang harus dijaga oleh manusia. Pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang berlebihan, menurut dia merupakan faktor utama masuknya berbagai macam penyakit.

Saifullah menekankan, gaya hidup instan seperti itu hari ini telah menjangkiti generasi muda. "Penyakit Jantung saat ini, tidak hanya menyerang usia dewasa, namun juga anak muda sudah banyak yang terkena," kata dia.

Sang Wagub menjelaskan, saat ini banyak anak muda yang terkena penyakit jantung disebabkan kurangnya aktivitas olahraga. Menurut dia, pola hidup dan ketidaksadaran akan pentinya menjaga kesehatan menyebabkan virus dan penyakit mudah masuk ke tubuh manusia.

"Senam Jantung ini selain menyehatkan tubuh, juga dapat membuat hidup kita menjadi sehat dan teratur. Hidup sehat ini akan memberikan semangat dan optimis dalam melakukan setiap kegiatan," kata dia.

Ia berharap, masyarakat lebih mencintai kesehatan. Lebih baik mencegah penyakit dengan rutin berolahraga dibanding mengobatinya setelah sakit. "Biasakan hidup sehat dengan berolahraga agar tubuh terhindar dari segala macam penyakit Jantung," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dewi Hartono mengatakan, senam merupakan kegiatan olahraga ringan dan menyenangkan, terutama senam jantung. Senam ini berfungsi sebagai solusi untuk menangkal berbagai penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Diakuinya, saat ini penyakit Jantung dan pembuluh darah sudah menjangkiti usia remaja. Untuk itu, Yayasan Jantung Indonesia menggalakkan Senam lompat tali Jantung sehat yang diperuntukkan bagi anak usia sekolah guna meminimalis penyakit tersebut.

"Dengan seizin pak Wagub, saya memohon agar Senam Lompat Tali Jantung sehat ini bisa dijadikan senam rutin di setiap sekolah yang ada di Jatim," ujar Saifullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement