Rabu 05 Nov 2014 14:35 WIB

Ustaz YM: Saya tidak Di-'Bully', tapi Malah Dapat Ilmu

Rep: Syahruddin El-fikri/ Red: Agung Sasongko
Cuitan Ustadz Yusuf Mansur di media sosial Twitter
Foto: akun @Yusuf_Mansur
Cuitan Ustadz Yusuf Mansur di media sosial Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Yusuf Mansur sempat mengetwit ajakan kepada masyarakat untuk mempelajari Bahasa Arab. Sebab, dengan bisa bahasa Arab akan mudah mempelajari Islam. Sedangkan bahasa lain, dikatakannya, tidak akan banyak berguna, terutama setelah wafat.

"Semua bahasa bakalan musnah. Ga kepake. Kapan? Saat masuk alam kubur. Apalagi di akhirat sana. Satu-satunya, ya bahasa Arab," ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Ketika banyak yang menanyakan tentang dalil dan alasannya, termasuk disebutkan Ustaz Yusuf Mansur di-Bully, pengasuh Ponpes Daarul Qur'an Ketapang, Tangerang, ini menyatakan, dirinya tidak di-bully. "itu justru masukan dan dengan demikian, saya malah dapat ilmu. Dan saya berterima kasih," ujarnya.

Ia pun bersyukur, karena banyak dari followernya yang terus mengingatkan dirinya. Tujuannya mengtwit kalimat ajakan belajar bahasa Arab itu, karena dirinya ingin seluruh umat Islam (khususnya) bisa memahami ajaran Islam yakni Alquran dan hadis dengan baik dan benar. "Kalau bahasanya kita paham, insya Allah, shalat kita akan semakin baik, karena memahami maksud dan tujuannya," paparnya.

Ia pun mengajak umat Islam dan para followernya untuk terus meningkatkan diri mempelajari bahasa apapun, baik bahasa Arab, Inggris, Belanda, Jepang, maupun lainnya. "Ajakan ini terutama untuk saya sendiri. Saya harus selalu belajar, belajar, dan belajar. Minimal, satu hari satu kosa kata, one day one Arabic, English, atau lainnya," kata suami Maemunah ini.

Setiap hari, kata dia, tambahkanlah dalam percakapan satu kosa kata baru. "Misalnya, ucapkan Terima kasih. Tapi tambahin, “Terima kasih. Syukron. Jazaakumullah.” Syukran artinya Terima kasih. Dalam arti yang lebih dalam lagi."

"Jazaakumullah bermakna semoga Allah membalas kamu. Ahsanal jazaa=dengan balasan yang lebih baik."

Ucapkan, “Bye... Ma’assalaamah.” Ma’assalaamah = Semoga selamat, menyenangkan, ga ada masalah apa-apa. Keren kan bahasa Arab itu?"

Kalau pun ada kata yang salah, lanjutnya, tidak apa-apa. Namanya juga belajar, salah itu biasa. "Kita ini tidak sempurna, dan kesempurnaan itu hanya Allah. Karenanya, kalau ada salah, nggak masalah. Biasa saja," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement