Selasa 04 Nov 2014 09:49 WIB

Innalillahi, Seorang Pendaki Gunung Semeru Meninggal

Pemandangan dari puncak Gunung Semeru.
Foto: Republika/Erik PP
Pemandangan dari puncak Gunung Semeru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mendapat kabar bahwa seorang pendaki tewas ketika menuju puncak Gunung Semeru. Pendaki itu bernama Achmad Fauzy berusia 30 tahun.

"Baru saja ada berita duka dari lapangan. Kemarin, (Senin) jam 16:00, salah satu pendaki asal Aceh, Achmad Fauzy 30 tahun meninggal di Arcopodo, Semeru," kata Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari dalam pesan singkat yang diterima Republika, Selasa (4/11).

Menurut dia, almarhum Achmad Fauzy datang bersama teman sekampus. Rombongan, kata dia, sudah diperingatkan untuk tidak naik ke puncak. Pasalnya, cuaca sedang tidak bagus. Sayangnya, peringatan itu diabaikan hingga terjadi hal yang tak diinginkan.

"Yang bersangkutan mendaki bersama rombongan teman-teman kuliahnya. Sebelum mendaki sudah diimbau bahwa batas pendakian hingga sampai di Kalimati, tapi rombongan nekat naik ke Mahameru.

 

Menurut Dewi, setelah mendengar kabar adanya pendaki yang kehilangan nyawa, petugas segera bergerak ke puncak. "Tim evakuasi meluncur naik tadi malam, diharapkan jenazah sampai Ranupani siang atau sore nanti," katanya.

Dia berharap, pendaki lain untuk mentaati aturan berlaku agar kejadian serupa tak terulang di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement