Senin 03 Nov 2014 16:38 WIB

Stok Elpiji 3 Kilogram Mulai Terbatas

Rep: Riga Iman/ Red: Indah Wulandari
 Karyawan menata elpiji kemasan 3 kilogram di salah satu agen pemasok di Jakarta, Senin (15/9). (Republika/Prayogi)
Karyawan menata elpiji kemasan 3 kilogram di salah satu agen pemasok di Jakarta, Senin (15/9). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Sejumlah pangkalan gas di Kota Sukabumi kewalahan memenuhi lonjakan permintaan elpiji tiga kilogram.

Naiknya permintaan terhadap gas elpiji tiga kilogram tersebut dipengaruhi karena migrasi dari pengguna elpiji 12 kilogram.

"Kemungkinan, banyak pengguna elipiji 12 kilogram yang beralih ke tiga kilogram,’’ ujar salah seorang pengelola pangkalan gas di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, Dadang, Senin (3/11).

Saat ini terang Dadang, frekuensi pengambilan gas tiga kilogram oleh pengecer semakin cepat. Biasanya pegambilan hanya sebanyak tiga hari sekali. Namun, saat ini para pengecer mengambil gas elpiji sebanak sehari sekali.

Menurut Dadang, lonjakan permintaan ini menyebabkan sejumlah pengecer harus antre. Dampaknya, pasokan gas elpiji tiga kilogram yang datang biasanya langsung habis dibeli pengecer langganan.

Salah seorang pengecer Nuryaman (43 tahun) mengaku kesulitan untuk mendapatkan gas elipiji tiga kilogram.

"Untuk mendapatkan gas tiga kilogram harus menunggu cukup lama,’’ terang dia.

Bahkan kata Nuryaman, kuota pengambilan pun dijatah oleh pemilik pangkalan. Awalnya, dia bisa mendapatkan sebanyak 15 tabung. Namun, saat ini hanya bisa mendapatkan delapan tabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement