Kamis 30 Oct 2014 15:41 WIB

Tol Cikampek-Cirebon Selesai Tahun Depan

Rep: c88/ Red: Bilal Ramadhan
Proyek Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)
Foto: Antara
Proyek Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Penyelesaian pembangunan enam seksi pada ruas tol Cikopo-Palimanan sudah mencapai lebih dari separuh. Diharapkan pada Juni tahun depan ruas tol sepanjang 116,7 kilometer ini sudah layak dioperasikan. Sehingga tol yang menghubungkan Cikampek dan Palimanan akan dibuka tahun depan.

Kasubdit pengadaan tanah direktorat bina teknik bina marga Heri Marzuki mengatakan pihaknya optimistis pada Maret semua seksi dapat dilewati tanpa arus pengalihan. Selanjutnya pada Juni tol tersebut sudah selesai secara keseluruhan.

"Enam seksi di ruas jalan tol Cikopo-Palimanan rata-rata pengerjaannya sudah mencapai 70 persen," kata , Heri Marzuki di Jakarta, Kamis (30/10).

Estimasi kebutuhan lahan untuk pembangunan ruas tol Cikopo-Palimanan adalah seluas 1.080,69 hektar. Sementara itu estimasi uang ganti rugi mencapai Rp 690,69 miliar. Heri menuturkan baik pembebasan lahan maupun uang ganti rugi telah seratus persen selesai.

Pembangunan tol Cikopo-Palimanan terbagi atas enam seksi. Keenam seksi tersebut yaitu Cikopo-Kalijati, Kalijati-Subang, Subang-Cikedung, Cikedung-Kertajati, Kertajati-Sumberjaya, dan Sumberjaya-Palimanan.

Seksi terpanjang ada pada jalur Subang-Cikedung sepanjang 30,15 kilometer dan membutuhkan lahan 235,05 hektare. Uang ganti rugi untuk seksi tersebut mencapai Rp 144,99 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement