Selasa 28 Oct 2014 19:20 WIB

Sofyan Janji Permudah Birokrasi Izin UMKM

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Djibril Muhammad
Sofyan Djalil
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Sofyan Djalil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian baru dalam kabinet kerja Joko Widodo, Sofyan Djalil, berjanji akan mempercepat birokrasi perizinan UMKM. Ia juga menegaskan akan mempercepat serta mempersingkat birokrasi perizinan ini menjadi target jangka pendek dalam kementeriannya.

"Yang pentng bagaimana kita mempercepat apa yang bisa dipercepat, yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya, saat ditanya wartawan mengenai target jangka pendek perekonomian, di kantor wakil presiden, Selasa (28/10).

Sofyan mencontohkan akan menyerdehanakan proses perizinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, masih banyak masalah perijinan dan birokrasi yang perlu dibenahi kembali.

"UMKM itu izinnya banyak jenisnya. Sekarang sedang didesign untuk satu izin saja. Sehingga nanti UMKM tidak perlu izin macam-macam," jelasnya.

Ia pun berharap proses izin yang lebih mudah ini dapat segera diterapkan. Tak hanya UMKM, Sofyan juga mengatakan akan mempermudah izin pengurusan pinjaman kredit luar negeri. Sofyan pun berharap agar birokrasi perizinan tidak menghambat percepatan pertumbuhan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement