Selasa 28 Oct 2014 02:22 WIB

Chatib Basri: Bambang Brodjonegoro Seperti Musashi

Rep: Satria kartika yudha/ Red: Esthi Maharani
Bambang Brodjonegoro
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Bambang Brodjonegoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menilai keputusan Presiden Joko Widodo memilih Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Keuangan yang baru adalah pilihan tepat. Chatib pun menganggap mantan wakil menterinya tersebut seperti Musashi, seorang pendekar samurai yang sangat terkenal di Jepang.

"Saya sangat tahu kapabilitas dan kapasitas beliau (Bambang Brodjonegoro). Kalau kalian tahu Musashi, nah beliau itu ibaratnya seperti itu. Jangankan mengetahui musuh yang datang, embun turun pun dia sudah tahu," kata Chatib dalam acara serah terima jabatan di Kantor Kementrian Keuangan, Senin (27/10).

Dengan analogi tersebut, Chatib meyakini Bambang sudah sangat paham dengan apa yang akan menjadi tantangannya ke depan. Dia mengatakan saat ini ada banyak pekerjaan rumah. Tiga diantaranya adalah normalisasi kebijakan The Fed, kenaikan harga BBM, dan situasi makro.

Untungnya, ujar Chatib, Bambang bukan sosok asing di Kementrian Keuangan karena pernah menjadi wakil menteri. "Pak Bambang sudah sangat familiar dengan semua ini," tambahnya.

 

Chatib mengisahkan, suatu saat dirinya pernah telat menghadiri sebuah rapat. Ia pun akhirnya menugaskan Bambang untuk memimpin rapat tersebut.

"Saya bilang ke pak Bambang saat itu, lanjutkan saja rapatnya karena kemungkinan akan jadi Menkeu selanjutnya. Yang pasti, saya sangat berbahagia karena Kemenkeu ada di tangan orang yang tepat," kenang dia. n satria kartika yudha

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement