Senin 27 Oct 2014 16:23 WIB

MUI: Menteri Harus Menjadi Teladan yang Baik

Rep: marniati/ Red: Damanhuri Zuhri
Din Syamsuddin
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perilaku kontroversial yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dengan merokok saat diwawancarai media televisi, mendapat banyak sorotan dari beberapa kalangan.

Tak terkecuali dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Prof Dr Din Syamsuddin. Ia mengatakan seorang menteri harus tampil sebagai role model sehingga menjadi teladan yang baik bagi masyarakat.

"Seyogyanya para elit politik yang memangku amanat seperti menteri harus bisa menjaga diri. Karena akan menjadi acuan dan sorotan masyarakat, maka harus tampil sebagai role model atau teladan agar bisa menjadi contoh yang baik," ujar Din Syamsuddin Kepada Republika, Senin (27/10).

Ia menjelaskan, perilaku pejabat negara akan memiliki dampak yang besar di masayarakat. Untuk itu, pejabat negara harus berhati-hati baik dalam perilaku, cara berpaikan dan cara berbicara. 

Misalnya, untuk menteri perempuan agar memperhatikan cara berbusana agar sesuai dengan kultur timur dan bangsa Indonesia.

"Termasuk dalam hal merokok, walaupun itu kebiasan pribadi, ya coba menahan diri. Kan juga ada peraturan pemerintahnya. Janganlah dibaikan. Mungkin beliau belum tahu mungkin ke depan bisa diperbaiki," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement