Kamis 23 Oct 2014 22:23 WIB

Bom Air Efektif Padamkan Kebakaran Lahan di Kalsel

Kebakaran lahan
Foto: Wikipedia
Kebakaran lahan

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Bom air yang dibawa helikopter digunakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, efektif memadamkan kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Selatan yang berlangsung hingga sekarang.

"Bom air yang dijatuhkan helikopter langsung ke titik api dan lahan yang terbakar, efektif memadamkan api," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel Sufian AH di Banjarbaru, Kamis, pada syukuran pemadaman melalui udara (water bombing).

Syukuran yang dilaksanakan di ruang VIP Lanud Sjamsudin Noor Banjarbaru dihadiri Danlanud Letkol Pnb Esron SB Sinaga, perwakilan Polda dan Kejaksaan Tinggi Kalsel.

Menurut Sufian yang juga menjabat Wakil Kepala Operasi Daerah (Opsda) pemadaman kebakaran lahan Kalsel, pemadaman melalui udara dilakukan sejak 22-31 Oktober 2014.

"Sejak Rabu kemarin, helikopter sudah melakukan pengeboman air ke lahan yang terbakar terutama di area lingkar utara dan selatan Kabupaten Banjar dan Banjarbaru," ungkapnya.

Menurut dia, pemadaman lahan yang terbakar diprioritaskan di lahan gambut karena kobaran api masih berpotensi meluas dan menyebabkan asap tebal ke angkasa.

"Asap kebakaran itu memunculkan kabut asap keesokan harinya sehingga membuat tiga daerah yakni Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Banjarmasin diselimuti kabut asap," ujarnya.

Dikatakan, helikopter jenis MI 171 buatan Rusia seberat 11 ton mampu mengangkut air sebanyak 3,5 ton dan mampu memadamkan satu kawasan lahan yang terbakar.

"Cara ini efektif memadamkan api di satu lokasi kebakaran lahan dan hutan di samping bisa menjangkau titik api yang tidak bisa didatangi melalui jalur darat," katanya.

Ditambahkan, teknis operasional helikopter melakukan pengeboman air melalui udara setiap hari dalam dua sesi dengan durasi satu sesi selama 3,5 jam mendatangi titik api.

"Koordinasi titik api yang akan dipadamkan dan lokasi pengambilan air telah ditetapkan sehingga operasi bisa tepat sasaran memadamkan kobaran api," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement