Senin 20 Oct 2014 10:08 WIB

Ini Harapan Wirausahawan Muda Terhadap Jokowi-JK

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Damanhuri Zuhri
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: antara
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat menaruh harapan tinggi pada Joko Widodo (Jokowi), sebagai presiden terpilih, terkait program peminjaman modal tanpa bunga bagi pengusaha muda. Banyak wirausaha muda ingin berbisnis namun terganjal masalah modal.

Arizal (22), warga Bumi Asri, Bandung, mengatakan keinginannya untuk berwirausaha namun tersangkut kendala modal.

"Syarat dari bank dalam program KUR belum mendukung wirausahawan yang sama sekali belum bermodal," ujar Arizal, Ahad (19/10).

Arizal berharap Jokowi dan pemerintahannya dapat mengembangkan proyek pinjaman modal bagi pengusaha kecil menengah yang menguntungkan bagi pengusaha-pengusaha muda.

Menurutnya, jika pengusaha kecil diberi syarat mudah dalam membuka usaha, akan tercipta banyak lapangan kerja bagi masyarakat. Industri lokal pun dapat berkembang dengan baik.

Mahasiswa lulusan Sastra Inggris di Universitas terkemuka di Bandung ini juga mengaku ingin berwirausaha karena sulit mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang digelutinya semasa kuliah.

Perusahaan-perusahaan besar sering kali membutuhkan pegawai yang berpengalaman minimal satu tahun. Hal itu membuat kesempatan bagi lulusan baru untuk dapat diterima kerja sangat kecil.

"Sebagai fresh graduate, saya masih minim pengalaman, sedangkan yang dicari di lowongan kerja itu syaratnya memiliki pengalaman bekerja," keluh Arizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement