Senin 20 Oct 2014 00:20 WIB

Nuh : Pendidikan Tingkatkan Pendapatan dan Kesehatan

Rep: Dyah Ratna Meta/ Red: Indira Rezkisari
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Mendikbud M Nuh
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Mendikbud M Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan kemajuan bangsa ditentukan sumber daya manusia (SDM). Pendidikan, kesehatan dan pendapatan per kapita saling berkaitan satu sama lain.

Pendidikan, ujar Nuh, mempengaruhi tingkat kesehatan dan pendapatan per kapita. Menurut hasil riset yang  dilakukan World Bank dan Unesco tiga  variabel ini saling berkaitan namun pendidikan merupakan penggerak utama.

Pendidikan, kata Nuh, meningkatkan SDM sehingga orang yang berpendidikan memiliki penghasilan yang lebih baik. "Artinya pendidikan mampu meningkatkan pendapatan per kapita,"katanya, Ahad, (19/10).

Pendidikan, ujar Nuh, juga meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan pendidikan orang jadi mengetahui pentingnya kesehatan dan bagaimana hidup sehat.

"Pendidikan mampu meningkatkan penghasilan. Tidak mungkin seseorang menjadi gubernur kalau tidak sekolah sebab pasti tak ada yang memilihnya,"kata Nuh.

Dalam teks Alquran juga disebutkan Allah akan mengangkat beberapa derajat orang yang  beriman dan berilmu. "Makanya dengan pendidikan orang memiliki ilmu sehingga hidupnya lebih baik,"ujar Nuh.

Makanya, kata Nuh, sudah benar kalau pemerintah memfokuskan seluruh energi untuk meningkatkan akses pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement