Ahad 19 Oct 2014 10:28 WIB

Catatan 10 Tahun Pemerintahan SBY (Bagian 3)

Lumpur Lapindo
Foto: Antara
Lumpur Lapindo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tinggal hitungan hari lagi akan menyerahkan tampuk kekuasaannya pada presiden terpilih Joko Widodo. Pelantikan presiden baru akan dilakukan Senin 20 Oktober 2014.

Dalam kepemimpinan dua periodenya, SBY sudah banyak berbuat baik bagi negara ini. Tapi banyak juga kekurangannya. Berikut catatan peristiwa dan kebijakan 10 tahun Pemerintahan SBY:

29 April 2006:

Jam malam dan perintah tembak di tempat diberlakukan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menyusul kerusuhan pemilihan kepala daerah. Sejumlah kericuhan terkait pilkada lainnya terjadi sepanjang pemerintahan SBY.

9 Mei 2006:

Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Indonesia mendapatkan dukungan 165 negara dari 191 negara anggota PBB.

12 Mei 2006:

Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mengeluarkan pernyataan tentang Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKPP) perkara mantan Presiden Soeharto, yang isinya menghentikan penuntutan dugaan korupsi mantan Presiden Soeharto. SKPP itu dikeluarkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Mei 2006.

27 Mei 2006:

Eksplorasi gas oleh Lapindo Brantas Inc di Sidoarjo, Jawa Timur, memicu semburan lumpur yang tak berhenti. Pemerintah sepakat ikut mengganti kerugian warga yang terdampak semburan kumpur.

11 Juli 2006:

UU Kewarganegaraan dan UU Pemerintahan Aceh disetujui DPR.UU kewarganegaraan azas kewarganegaraan universal dan umum serta azas tunggal dan ganda terbatas, smeentara UU Pemerintah Aceh mengizinkan pemberlakuan hukum positif berdasarkan syariat Islam di daerah tersebut.

12 Oktober 2006:

Pemerintah Indonesia berjanji meratifikasi persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas-Batas menyusul kabut asap dari Indonesia yang kembali menguar hingga Malaysia dan Singapura.

12 Oktober 2006:

Indonesia melunasi seluruh sisa utangnya sebesar 3,2 miliar dolar AS kepada IMF. Pelunasan itu empat tahun lebih awal dari jadwal.

20 November 2006:

Presiden Yudhoyono menyambut Presiden AS George W Bush yang berkunjung ke Bogor, Jawa Barat. Kunjungan Bush mendapat tentangan sehubungan tindakan militer AS di Irak dan Afganistan.

1 Januari 2007:

Pesawat Maskapai Adam Air nomor penerbangan 574 hilang di perairan Sulawesi. Kejadian tersebut memicu sorotan dunia atas keselematan penerbangan di Indonesia, dan mendorong pemerintah mereformasi regulasi keselamatan penerbangan.

24 Januari 2007:

SBY menyatakan Indonesia tidak memerlukan lagi keberadaan forum  Consultative Groups on Indonesia (CGI), konsorsium lembaga-lembaga keuangan dunia yang memberikan hibah dan pinjaman pembangunan Indonesia.

1 Februari 2007:

Banjir di DKI Jakarta menewaskan lebih dari delapan puluh orang dan ratusan ribu lainnya terpaksa mengungsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement