Jumat 17 Oct 2014 05:15 WIB

Polres Gelar Latihan Menembak Berkala

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Julkifli Marbun
Anggota Polri
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anggota Polri

REPUBLIKA.CO.ID,  UNGARAN -- Guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres Semarang melaksanakan latihan menembak sasaran.

 

Latihan yang telah dijadwalkan berkala ini, di laksanakan lapangan tembak Yon Zipur 4/Tanpa Kawandya, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Kamis (16/10).

 

Wakapolres Semarang, Kompol Erwin H Dinata mengatakan, latihan menembak ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwal dilingkungan Polres Semarang.

 

Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Polres Semarang, khususnya dalam menggunakan senpi, baik laras panjang maupun laras pendek..

 

Latihan ini juga dimaksudkan untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas.

 

Sehingga dalam menggunakan senpi ini tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, yang dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota dalam menggunakan senpi.

 

“Meski bukan di lingkungan Polres Semarang, kejadian salah tembak, salah prosedur hingga senjata hilang masih dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota polisi,” tegas Erwin.

 

Ia juga mengungkapkan, laihan ini melibatkan seluruh anggota Polres Semarang, lebih khusus anggota yang menggunakan senpi.

 

Di lingkungan Polres Semarang, latihan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senpi dilaksanakan setahun sekali.

 

Hal ini disesuaikan dengan keterbatasan amunisi. Meski begitu, latihan ini penting dalam mendukung tugas- tugas anggota di lapangan.

 

Untuk latihan kali ini, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1- V2.

 

Sedangkan untuk latihan menembak dengan senjata api laras pendek, menggunakan senpi jenis refolver serta jenis turus.

 

“Untuk anggota yang tidak memegang senpi disediakan senjata. Anggota yang memegang senjata selama bertugas diharuskan menggunakan senpi masing- masing,” tambahnya.

 

Sementara itu, untuk latihan menembak senpi laras panjang, anggota diharuskan menembak sasaran sejauh 70 meter.

 

Sedangkan untuk senpi laras pendek anggota melaksanakan latihan menembak  sasaran sejauh 35 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement