Ahad 12 Oct 2014 09:04 WIB

Lahan RSUP NTB Akan Dijadikan Taman Kota

Taman Kota
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Taman Kota

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Kota Mataram merencanakan lahan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Nusa Tenggara Barat akan dijadikan Taman Kota Mataram, setelah operasional RSUP pindah ke gedung baru di Dasan Cermen.

"Program itu memang sudah kita rencanakan karena lokasinya sangat strategis menjadi taman kota," kata Kepala 

Bidang Fisik Sarana dan Prasarana Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram M Nazaruddin Fikri di Mataram. 

Dikatakan, lahan RSUP NTB yang memiliki luas sekitar 2,5 hektare tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan taman kota sekaligus menjadi ruang terbuka hijau (RTH) yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pusat rekreasi dan edukasi.

"Jika lahan itu diberikan ke pemerintah kota, maka kita akan membuat taman yang jauh lebih bagus dan representatif dari Taman Sangkareang yang ada saat ini," katanya.

Menurutnya, kebutuhan akan taman kota di daerah ini semakin meningkat karena selain dimanfaatkan sebagai ajang rekreasi dan edukasi, taman kota juga menjadi ajang ekspresi dan kreasi bagi para generasi muda.

"Selain itu, taman kota juga banyak dimanfaatkan siswa untuk kegiatan olah raga. Oleh karena itu kita berharap provinsi memiliki komitmen yang sama dalam mewujudkan kebutuhan masyarakat ini," katanya.

Dampak lainnya, kata Nazaruddin, mampu mendukung target RTH di Kota Mataram sebesar 30 persen yang terbagi 10 untuk RTH privat dan 20 persen untuk RlTH publik. Dimana saat ini kebutuhan untuk RTH privat sudah terpenuhi.

"Sementara RTH publik masih kurang sekitar delapan persen atau sekitar 400 hektare lahan. Jumlah itu ditargetkan harus terpenuhi hingga 20 tahun ke depan," katanya.

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sebelumnya menyebutkan, sebagai bentuk keseriusan pemerintah terhadap kebutuhan taman kota, Pemerintah Kota Mataram telah bersurat secara resmi ke Pemerintah Provinsi NTB terkait dengan usulan permintaan lahan RSUP NTB, yang akan dijadikan RTH.

"Kita sudah bersurat agar provinsi mau memberikan lahan RSUP NTB setelah nantinya operasional RSUP NTB pindah ke gedung baru di kawasan Dasan Cermen," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement