Jumat 10 Oct 2014 01:02 WIB

PMI Terima Donasi Mobil UDD dari Indomaret

Warga mendonorkan darah di dalam mobil UDD PMI.
Foto: Antara/Noveradika/ca
Warga mendonorkan darah di dalam mobil UDD PMI.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mendukung sistem donor darah dengan sistem “jemput bola”, Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi 1 unit mobil Unit Donor Darah (UDD) dari Indomaret.

Bantuan mobil diserahkan Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, kepada Ketua Bidang Unit Donor Darah dan Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan PMI Pusat, dr Farid Husain di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (9/10).

Menurut, Farid Husain jumlah ideal kebutuhan darah di satu negara menurut World Health Organization (WHO) adalah sekitar 2% dari total penduduk. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, membutuhkan sekitar 4,8 sampai 5 juta kantong darah per tahun.

PMI terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan darah secara nasional dengan menyediakan 212 UDD yang tersebar di seluruh Indonesia. PMI juga menyediakan UDD di mal atau kampus serta mobil UDD yang dimobilisasi sesuai permintaan.

“Kita juga melakukan mobilisasi untuk ikut dalam event di masing-masing provinsi atau kabupaten/kota untuk menjaring dan memudahkan masyarakat mendonorkan darah,” jelas Farid.

Farid menyampaikan penghargaan atas bantuan mobil UDD yang diberikan oleh Indomaret. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Indomaret atas dukungannya selama ini. Dengan bertambahnya mobil UDD, dapat menambah mobilitas PMI untuk menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah kantong darah sekaligus donasi darah di Indonesia.”

Bantuan tersebut menurut Wiwiek Yusuf dimaksudkan untuk mendukung  PMI dalam memenuhi kebutuhan darah dan tugas kemanusiaan lainnya. Sebelumnya, Indomaret telah memberikan bantuan 2 (dua) unit mobil UDD untuk wilayah Karawang dan Cilacap.

Donasi ini merupakan hasil dari penggalangan dana pelanggan Indomaret yang kedua untuk  program kemanusiaan PMI pada Maret-September 2013, terkumpul sekitar Rp 7 miliar. Seluruh dana telah diserahkan ke PMI  November 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement