Jumat 10 Oct 2014 10:32 WIB

Romo Magnis: Jokowi Harus Aktif Negosiasi Politik

Frans Magnis Suseno
Foto: antara
Frans Magnis Suseno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Prof Romo Magnis Suseno mengatakan Presiden terpilih Joko Widodo perlu memperluas basis politik tanpa melepaskan cita-citanya.

"Tidak cukup hanya dukungan masyarakat tapi perlu dukungan DPR untuk menyusun undang-undang dan anggaran," kata Romo Magnis di Jakarta, Jumat (10/10).

Ia menjelaskan anggaran untuk 2015 saja sudah sangat dibatasi sehingga sulit bagi Jokowi untuk membuat terobosan Karena itu dalam minggu-minggu ini menjadi penentuan bagi Jokowi untuk memperluas basis politik.

Ia mencontohkan Pemerintahan Obama di Amerika yang minim dukungan parlemen membuatnya kesulitan menjalankan kebijakan-kebijakannya. "Jokowi perlu proaktif bernegosiasi tidak hanya menunggu orang lain untuk konsolidasi," jelasnya.

Sementara mantan peneliti politik LIPI Tri Ratnawati berpendapat Jokowi perlu memperkuat dukungan masyarakat dan penegak hukum serta media massa sebagai kontrol sosial dan politik. "Jokowi perlu menggalang kekuatan masyarakat. Karena seoranh Soharto yang otoriter bisa jatuh karena kekuatan masyarakat," katanya

Karena itu Jokowi bisa menggalang kekuatan kelas menengah seperti mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, aliansi-aliansi dan masyarakat yang pro demokrasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement