Rabu 08 Oct 2014 09:17 WIB

Prioritas TNI Bukan Masalah Politik

Rep: C83/ Red: Winda Destiana Putri
Mabes TNI (logo).
Mabes TNI (logo).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapuspen Mabes TNI, Mayjen M Fuad Basya mengatakan TNI selalu bekerja berdasarkan skala prioritas.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, saat ini prioritas TNI bukanlah permasalahan politik. Melainkan yaitu agar TNI mampu bekerja untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia. Untuk itu TNI harus bersifat netral. 

"Jika TNI tidak netral, maka bisa dibayangkan pemilu tidak akan aman. Karena beberapa petinggi TNI terlibat dalam parpol tertentu misalnya. Sehingga keputusan yang menyebutkan TNI tidak memiliki hak politik dan harus netral sudah tepat," ujar Mayjen M Fuad Basya saat dihubungi Republika baru-baru ini.

Ia menambahkan, untuk terlibat dalam politik praktis, pemilihan dan dipilih belum menjadi prioritas  TNI. Menurutnya, TNI rela mengorbankan hak politiknya demi keselamatan bangsa.

Ia juga mengatakan, Jika melihat kultur politik yang ada di Indonesia saat ini, maka keterlibatan TNI dalam politik akan lebih menimbulkan mudharat daripada manfaat, kecuali jika kultur politik di Indonesia sudah berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement