Senin 06 Oct 2014 08:26 WIB

Ribuan Liter Air Dipasok ke Daerah Kekeringan di Sukabumi

Rep: Riga Iman/ Red: Bayu Hermawan
kekeringan - ilustrasi
kekeringan - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sukabumi mulai menyalurkan bantuan air bersih kepada warga. Pendistribusian khususnya dilakukan kepada daerah yang mengalami krisis air bersih akibat kekeringan.

"Kami baru memasok air ke dua kecamatan," ujar Kepala Budang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada wartawan, Senin (6/10).

Usman mengatakan dua kecamatan tersebut adalah Bantargadung dan Purabaya. Untuk penyaluran di Bantar Gadung, BPBD dibantu PMI dan PDAM Kabupaten Sukabumi, dengan jumlah air yang disalurkan sebanyak 4.000 liter dan Water Torn dengan kapasitas 2.000 liter.

Sementara di Kecamatan Purabaya sudah disalurkan sekitar 6.000 liter dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran (damkar) dengan dua kali pengiriman.  Diakui Usman, upaya pemberian bantuan air bersih masih terkendala armada pengangkut.

Sehingga ada dua daerah yang meminta air bersih namun belum bisa dipenuhi yakni Kecamatan Pabuaran dan Waluran.Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Ayi Abdullah menambahkan,

"PMI baru menyaipkan satu armada pengangkut air. Armada ini merupakan pinjaman dari PMI pusat yang akan dikembalikan jika kekeringan berlalu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement