Selasa 30 Sep 2014 08:18 WIB

'Indonesia Coffee Festival 2014' Angkat Kehidupan Petani Kopi

Kopi
Foto: ist
Kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan Indonesia Coffee Festival (ICF) tidak hanya sebagai pelaksana kegiatan festival, tapi juga memberi pemahaman kepada petani dalam menghasilkan kopi berkualitas. 

Yanthi Tambunan, Founder & Chairperson of ICF Steering Committee mengatakan, untuk mendapatkan kopi yang berkualitas dibutuhkan proses yang benar dari menanam hingga menjadi biji kopi. 

Proses awal ini tentunya berada pada petani kopi. Melalui pemahaman yang benar tentang menanam dan memproses akan menghasilkan kopi berkulitas.

“ICF tidak hanya mempromosikan kopi, tapi juga berikan pemahaman kepada petani kopi serta membuka pasar bagi mereka agar produksi dan kualitas bisa meningkat. Pada akhirnya harkat dan martabat petani kopi Indonesia bisa terangkat,” ujar Yanthi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (30/9). 

Yanthi bertutur, perjalanan ICF sendiri dimulai dengan 'The Road To The Coffee Festival Indonesia' di Bandung pada 23 Desember 2011, lalu diikuti oleh Indonesia Coffee Festival pertama di Ubud, Bali pada tahun 2012 dan tahun 2013 lalu di Yogyakarta.

“ICF telah berhasil mengumpulkan semua elemen, dari petani kopi, pengusaha, pemerintah, UKM hingga masyarakat penikmat kopi. Ini menunjukkan ICF menjadi sarana berkumpul strategis semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Indonesia pusat kopi dunia,” terang Yanthi.

ICF 2014 sendiri akan digelar pada 17-19 Oktober 2014 di Bali. Acara yang memasuki tahun ketiga ini bertujuan mempromosikan kopi Indonesia ke dunia agar kedepan Indonesia menjadi pusat kopi dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement