Jumat 26 Sep 2014 23:42 WIB

PBNU: Isis dan Alqaeda Itu Sama

Rep: C60/ Red: M Akbar
Ketua Umum PBNU, Said Aqil Sirajd
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ketua Umum PBNU, Said Aqil Sirajd

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Kiai Said Aqil Sirajd, mengatakan ISIS (Islamic State of Iraq And Syiria) dan Alqaeda merupakan organisasi yang memiliki kesamaan tujuan.

''Keduanya sama,'' ujar Kiai Said di tengah-tengah acara dalam peluncuran buku, Al Qaeda, karya Kiai Asad Said Ali, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (26/9) malam.

Baik Isis maupun Alqaeda, kata Kiai Said, memiliki visi dan misi organisasi serupa. Hingga saat ini, ia mengatakan, Isis masih menjadi ancaman bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab ideologi Isis bertolak belakang dengan ideologi pancasila.

Lebih dari itu, gerakan Isis menganggap kelompok islam lainnya sebagai kelompok yang harus diperangi. Kiai Said juga menyatakan, kelompok ISIS yang berkembang di Indonesia merupakan kelompok yang didukung oleh gerakan radikal tanah air yang telah lama ada di Indonesia.

''Jaringannya jaringan lama dan isinya juga orang-orang lama, meskipun namanya baru,'' ujar dia.

Kiai Said merupakan salah satu tokoh yang hadir diatara ratusan tamu undangan yang mengahdiri acara peluncuran buku Alqaeda. Beberapa tokoh lain yang terlihat pula menghadiri acara tersebut antara lain pengamat politik dan pengaji Timur Tengah Fachri Ali, Rektor UIN Jakarta Komaruddin Hidayat, Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, dan sejumlah tokoh lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement