Jumat 26 Sep 2014 17:56 WIB

Neuron Dance Pad: Karpet Pintar Cegah Obesitas

Neuron Dance Pad
Neuron Dance Pad

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Minimnya intensitas berolahraga masih menjadi masalah utama yang memicu terjadinya penyakit degeneratif seperti obesitas, hipertensi, dan jantung koroner. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup serba instant yang menimbulkan keengganan seseorang meluangkan waktunya untuk beraktivitas.

Banyak solusi yang ditawarkan dari berbagai jenis olah raga untuk mengatasi keengganan tersebut, namun solusi tersebut memiliki kelemahan baik dalam hal ruang gerak olah raga dan waktu yang diperlukan.

IPB menghadirkan Neuron Dance Pad, sebuah produk berupa alat olahraga yang diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk olah raga yang menyenangkan sekaligus mengasah kecerdasan dalam bentuk karpet elektronik. Dengan tingkat penggunaan yang termasuk kategori olahraga ringan, Neuron Dance Pad memiliki keunggulan yakni membakar kalori lebih tinggi sehingga sangat efisien untuk mengatasi obesitas.  

Inovasi yang diberi label Neuron ini  dibuat oleh sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Fakultas Kedokteran Hewan. Yakni Hanifah Arief Muqaddam, Ridzki Muhammad Luthfi Megapasha dan Dhenok Maria Ulva. Lewat inovasi ini, ketiganya berhasil menyabet medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2014 yang di gelar di Universitas Diponegoro, Agustus kemarin.

Produk Neuron Dance Pad terinspirasi dari mesin Dance-dance Revolution dan Pump it Up yang dapat ditemukan di game center di beberapa pusat perbelanjaan. Mesin tersebut belum begitu banyak disadari sebagai alat olahraga dan hanya dimainkan sebagai hobi.

Padahal, setiap kali menyelesaikan lagu (±2 menit) pengguna dapat membakar kalori 10-50 kilo kalori, tergantung tingkat kesulitan yang dipilihnya. Artinya, dalam 30 menit seseorang dapat membakar hingga 150-750 kilo kalori tubuh.

Tidak hanya sebagai pembakar kalori tubuh, penggunaan mesin tersebut sangat merangsang kecerdasan otak kanan untuk berkembang karena tingkat kesulitan di setiap levelnya mengharuskan seseorang bergerak cepat mengikuti irama sehingga membuat otak merespon dengan cepat.

"Sebenarnya Neuron Dance Pad bukanlah suatu hal yang baru. Di pasaran terdapat dance pad sejenis yang dimainkan di peragkat game seperti Playstation atau X-Box untuk dimainkan di rumah. Selain itu, perangkat yang dibuat merupakan bahan impor yang memiliki kualitas karpet lembut atau soft pad, dan hanya diketahui oleh kalangan gamers saja tanpa melihatnya sebagai potensi alat olahraga," ujar Hanifah.

Menurutnya, selain bermanfaat bagi kesehatan, Neuron juga berfungsi sebagai alat pengasah kecerdasan otak kanan karena konsep dasar alat ini menggunakan ritme lagu untuk bergerak di atas papan dansa (dance pad simulator) dengan menginjakkan kaki di setiap tombol sesuai dengan irama. Desain yang portable membuat Neuron dapat dipakai dimana saja dan kapan saja sehingga cocok dalam berbagai kondisi.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement